Investor Information

Weekly Market Update

Weekly Perspective - W3 September 2019
Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan memangkas suku bunga simpanan utamanya sebesar 10 basis poin menjadi -0,50% serta memproyeksikan suku bunga untuk tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah sampai prospek inflasi berada di tingkat yang cukup dekat tetapi di bawah 2.00 % sesuai dengan proyeksi. Selain itu ECB juga masih akan melakukan program pembelian obligasi setiap bulan dengan nilai sebesar Euro 15-20 milyar sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan serta berbagai macam stimulus lainnya yang bertujuan untuk merangsang ekonomi zona euro yang sedang lemah serta inflasi yang terus-menerus rendah dan perang dagang antara Amerika Serikat (AS)-China yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi global menurun.

Read more
Weekly Perspective - W2 September 2019
Pemerintahan Inggris dibawah pimpinan Perdana Menteri (PM) Boris Johnson kalah dalam pemungutan suara di parlemen terkait usulan pengunduran diri negara itu dari Uni Eropa (Brexit) tanpa kesepakatan. Dalam voting yang digelar Kamis 5 September 2019 anggota parlemen yang menolak usulan Brexit mencapai 328 orang, sedangkan yang setuju sebanyak 301 orang. Selanjutnya Johnson mengusulkan untuk mengadakan pemilihan umum sela tanggal 17-18 Oktober 2019 dengan harapan kesepakatan terkait dengan Brexit dapat tercapai. Apabila sampai dengan tanggal 31 Oktober 2019 tidak tercapai kesepakatan dengan Uni Eropa, maka Inggris akan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan. Brexit tanpa kesepakatan akan menyebabkan terjadinya eksodus perusahaan multinasional keluar negeri sehingga akan membuat perekonomian Inggris mengalami penurunan yang signifikan.

Read more
Weekly Perspective - W4 August 2019
Tensi perang dagang kembali memanas setelah China mengumumkan bahwa mereka akan mengenakan tarif impor barang dari Amerika Serikat (AS) senilai USD 75 miliar sebagai respon atas ancaman tambahan tarif impor atas produk Tiongkok yang disiapkan Donald Trump di bulan September 2019. Rinciannya, tarif tambahan sebesar 5% akan dikenakan untuk produk kedelai AS dan impor minyak mentah mulai bulan September 2019. Sementara bea masuk sebesar 10% akan dibebankan kepada komponen mobil dari AS yang akan dimulai pada 15 Desember 2019. Perang dagang antara AS dan China yang belum berakhir menimbulkan kekhawatiran terhadap prospek pertumbuhan ekonomi global yang sudah melambat selama setahun terakhir.

Read more
Weekly Perspective - W3 August 2019
Risiko resesi ekonomi di Amerika Serikat (AS) semakin nyata terlihat dari Yield obligasi AS tenor dua tahun tercatat lebih tinggi dibanding yield sepuluh tahun pertama kali sejak tahun 2007. Inverted yield curve merupakan suatu keadaan di mana imbal hasil obligasi tenor pendek lebih tinggi daripada tenor panjang. Dalam situasi normal imbal hasil obligasi tenor pendek seharusnya lebih rendah dibandingkan tenor panjang. Ancaman resesi ekonomi AS meningkat setelah ekonomi Jerman dan Prancis berbalik arah dan mengalami perlambatan ekonomi pada Q2 2019 disertai pertumbuhan output industri China yang turun ke level terendah selama lebih dari 17 tahun pada Juli 2019.

Read more